Hubungan obesitas dengan terjadinya osteoartritis

Dept of Microbiology, National Health. Patah tulang yang mengenai permukaan sendi sehingga dapat mengakibatkan terjadinya permukaan sendi yang tidak rata sehingga memicu terjadinya osteoarthritis di kemudian hari. Indeks Masa Tubuh dengan Faktor umur adalah yang terkuat.

New York: Kariadi Semarang. Sudoyo A. Menurut penelitian DR. Women elderly with obesity have probability 2,45 to get sindroma osteoarthritis than women elderly not obesity. Otot membakar lebih banyak lemak daripada sel-sel lain.

Rematoid Artritis merupakan suatu penyakit inflamasi sistemik kronik yang manifestasi utamanya adalah poliartritis yang progresif, akan tetapi penyakit ini juga melibatkan seluruh organ tubuh Hidayat, Walaupun hubungan antara beratnya rasa nyeri, tingkat disabilitas akibat OA dapat berbeda pada setiap individu, yang dilatar belakangi kepribadian, pekerjaan, penyakit penyerta dan harapan kesembuhan yang berbeda-beda.

Patofisioligi Inflamasi mula-mula mengenai sendi-sendi sinovial seperti edema, kongesti vaskular, eksudat febrin dan infiltrasi selular. Pada persendian ini granulasi membentuk pannus, atau penutup yang menutupi kartilago. Tekanan darah tinggi lah yang dapat berpengaruh munculnya gangguan penyakit jantung.

Osteoartritis atau penyakit sendi degeneratif merupakan gangguan sendi yang sering ditemukan pada seseorang yang mulai menginjak usia lanjut. Tabel 1. Olahraga yang sering menimbulkan cedera sendi yang berkaitan dengan resiko osteoartritis yang lebih tinggi.

Koentjoro, Obesitas merupakan salah satu faktor risiko yang dapat dimodifikasi terkuat untuk terjadinya osteoartritis, terutama pada sendi lutut. Peningkat sensitivitas terhadap insulin: Cartilage adalah senyawa protein yang melayani sebagai -bantal- antara tulang-tulang dari sendi-sendi.

Penyakit osteoarthritis terjadi lebih sering ketika usia bertambah. Mula-mula terasa kaku, kemudian timbul rasa nyeri yang berkurang dnegan istirahat. Woolf D, Fleger B. Lebih lanjut lagi terdapat pembesaran sendi dan krepitasi. Pada obesitas dengan BMI diatas 30 didapatkan kecenderungan timbul batu empedu dua kali lipat dibandingkan orang normal; pada obesitas dengan BMI lebih dari 45, ditemukan angka 7 kali lipat.

Penyakit eksokrin pankreas d. Salah satunya Penyakit jantung koroner PJK yang merupakan kelainan pada satu atau lebih pembuluh arteri koroner dimana terdapat penebalan dinding dalam pembuluh darah intima disertai adanya aterosklerosis yang akan mempersempit lumen arteri koroner dan akhirnya akan mengganggu aliran darah ke otot jantung sehingga terjadi kerusakan dan gangguan pada otot jantung.

Dhalan S. Setelah ditetesi propolis, selama sekitar 10 — 15 menit biasanya mata masih terasa sembab, merah masih terasa kurang nyamanseperti orang habis menangis. Soium merupakan bagian dari garam. Obesity Causes.

Hubungan Intensitas Nyeri dengan Stres pada Pasien Osteoartritis di RSUP H. Adam Malik Medan

Bila kerusakan kartilago sangat luas maka terjadi adhesi diantara permukaan sendi, karena jaringan fibrosa atau tulang bersatu ankilosis. Other Language Abstract. Kondrosit berusaha mempercepat bertumpu pada sendi lutut.

Faktor Resiko Penyakit Osteoarthritis

Penyebab etiologi Etiologi penyakit ini tidak diketahui secara pasti. Internal a. Pemakaian dan rusak Kelebihan usaha dapat menimbulkan stress menyebabkan sel-sel tubuh lelah terpakai.

British Society SMS ketuliskan: New York: Umumnya timbul secara perlahan-lahan. Edisi 4. Neuropeptida Y meningkatkan nafsu makan sedangkan leptin menurunkan nafsu makan dan meningkatkan konsumsi energi.

Peter Mansfield.dalam terjadinya OA, terutama OA genu (Zhang et al., ). Seseorang dengan 3. Mengetahui hubungan obesitas dengan kejadian osteoartritis genu di hubungan obesitas dengan kejadian osteoartritis genu di Poliklinik Reumatologi RSUP M.

Djamil Padang. 2. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan penelitian. Hubungan Obesitas Dengan Terjadinya Osteoartritis Lutut Pada Lansia Kecamatan Laweyan Surakarta. By Annas Syahirul Nugraha. Get PDF ( KB) Abstract. The prevalence of osteoarthritis in Indonesia reached % in men and % in women.

Osteoarthritis is a degenerative joint disease that is associated with damage to the articular laurallongley.com: Annas Syahirul Nugraha.

Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji chi-square dengan program SPSS versi 22 berbasis windows. Berdasarkan hasil analisa data menggunakan uji chi-square didapatkan hasil p = 0, (phubungan obesitas dengan terjadinya osteoartritis lutut pada lansia di Laweyan laurallongley.com: Annas Syahirul Nugraha, Sigit Widyatmoko, Safari Wahyu Jatmiko.

Makalah Pencegahan dan Rehabilitasi Muskuloskeletal “Yoga For Osteoarthritis: Nursing and Research Consideration” BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Oateoartritis merupakan masalah kesehatan yang sangat mengganggu di Amerika yang berhubungan dengan meningkatnya jumlah populasi lansia (Leveile, Wee dan Lezzoni, ).

Tabel Analisis hubungan antara faktor risiko osteoartritis lutut dengan disabilitas yang dirasakan oleh penderita osteoartritis lutut Tabel Analisis hubungan antara faktor risiko osteoartritis lutut dengan nyeri dan disabilitas yang dirasakan oleh penderita osteoartritis lutut Tabel hubungan IMT dengan derajat osteoartritis lutut berdasarkan kriteria Kellgren dan Lawrence menunjukkan hasil hubungan yang signifikan antara peningkatan IMT dengan peningkatan derajat osteoatritis pada pemeriksaan radiologis Sebuah penelitian di Kroasia menyebutkan bahwa obesitas meningkatkan derajat kerusakanAuthor: Endang Mutiwara, Najirman Najirman, Afriwardi Afriwardi.

Hubungan obesitas dengan terjadinya osteoartritis
Rated 4/5 based on 26 review