Hubungan status gizi ibu hamil dengan berat badan bayi lahir

Sampel penelitian berjumlah 85 orang ibu vegetarian yang mempunyai anak usia 1 bulan sampai dengan 5 tahun yang datanya berhasil dikumpulkan melalui informasi dari IVS. Analisis multivariat Untuk memperhitungkan variabel perancu yang mungkin jadi pengganggu atau pengubah efek dilakukan uji regresi linier.

Disimpulkan bahwa status anemia gizi dengan salah satu sebab kekurangan kadar besi Fe merupakan faktor resiko untuk terjadinya anemia ibu hamil yang berpengaruh pada angka kejadian BBLR.

Berat Bayi Lahir Berat badan merupakan ukuran antropometrik yang terpenting, dipakai pada setiap kesempatan memeriksa kesehatan anak pada semua kelompok umur.

Suharto, Agung. Sampel kontrol dalam penelitian ini adalah kejadian bayi lahir hidup yang diambil dengan perbandingan 1: Anemia — Kondisi ini pada umumnya disebabkan karena kekurangan zat besi Fe dalam darah saat kehamilan dan diatasi dengan mengonsumsi suplemen tablet Fe saat hamil.

Berdasarkan analisis multivariat ditemukan bahwa variabel yang berhubungan dengan berat lahir bayi adalah IMT prahamil, asupan protein, vitamin B12, Fe, Zn, dan jenis kelamin.

6 Penyebab Bayi Lahir Dengan Berat Rendah

Sumber data menggunakan data sekunder. Disarankan kepada pengelola program perlu adanya upaya penanggulangan anemia gizi secara terpadu dengan perbaikan status gizi dan penambahan preparat zat besi Fe sebagai faktor yang meningkatkan resiko kejadian anemia ibu hamil.

Hal ini dapat berkaitan dengan paritas, jarak kelahiran, kadar hemoglobin dan pemanfaatan pelayanan antenatal. Analisis ini akan menghasilkan distribusi dan persentase dari tiap variabel yang diteliti. Terhadap janin dapat menyebabkan keguguran abortusbayi lahir mati, kematian neonatal, cacat bawaan dan BBLR.

Klik untuk berbagi di BBM Membuka di jendela yang baru Berat lahir bayi mencerminkan hasil perkembangan dalam kandungan dan kecukupan nutrisi bayi saat dilahirkan. Tabel rekomendasi dari Institute of Medicine IOM; digunakan untuk membandingkan IMT prahamil ibu vegetarian dengan kenaikan berat badan hamil yang dicapainya.

Kekurangan gizi tentu saja akan menyebabkan akibat yang buruk bagi si ibu dan janinnya. Umur yang terlalu muda atau kurang dari 17 tahun dan umur yang terlalu lanjut lebih dari 34 tahun merupakan kehamilan resiko tinggi.

Artikel Penelitian.

HUBUNGAN ASUPAN GIZI DAN STATUS GIZI IBU HAMIL ...

Keadaan sosial ekonomi sangat berperan terhadap timbulnya prematuritas. Periode Januari Desember terdapat kasus bayi lahir mati di Kabupaten Banjar. Petugas kesehatan melakukan pengukuran berat plasenta, nasehat makan makanan bergizi. Status gizi ibu hamil meliputi penambahan berat badan, ukuran LiLA, kadar Hb awal dan kadar Hb inpartu.

Berdasarkan hasil analisis, rata-rata berat lahir bayi pada ibu yang kenaikan berat badannya sesuai rekomendasi adalah ,1 g ,0 g. Sampel kasus merupakan kejadian bayi lahir mati yang ditetapkan dengan metode purposive sampling berdasarkan pertimbangan tertentu oleh peneliti 14yaitu berdasarkan banyaknya kasus yang terjadi dan lokasi yang memungkinkan untuk dilakukan penelitian.

Kesimpulan penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan antara pertambahan berat badan ibu hamil dengan berat badan lahir bayi di kabupaten Semarang.

Status Gizi Ibu Hamil dan Berat Lahir Bayi pada Kelompok Vegetarian

Usia ibu hamil Kabupaten Semarang adalah salah satu kabupaten di Indonesia dengan kondisi masyarakat pedesaan.

Hal ini dikaitkan dengan pengetahuan ibu dalam memelihara kondisi kehamilan serta upaya mendapatkan pelayanan dan pemeriksaan kesehatan selama kehamilan.Status gizi ibu pada waktu pembuahan dan selama hamil dapat mempengaruhi pertumbuhan janin yang sedang dikandung (Pudjiadi, ).

Selain itu gizi ibu hamil menentukan berat bayi yang dilahirkan, maka pemantauan gizi ibu hamil sangatlah penting dilakukan. 7/25/ · Status gizi ibu akan mempengaruhi status gizi janin dan berat lahir bayi. Penilaian status gizi dan perubahan fisiologis selama hamil dapat digunakan untuk memperkirakan laju pertumbuhan janin.

Bila ibu mengalami kekurangan gizi selama hamil akan menimbulkan masalah, baik pada ibu. saya sedang penelitian skripsi tentang hubungan status gizi ibu hamil dengan berat badan bayi yang dilahirkan dengan mengukur Hb ibu hamil,yang saya mau tanyakan pengukuran Hb yang baik pada saat awal kehamilan atau sebelum hari H melahirkan?

yang dapat mempengaruhi berat bayinya saya bingung karena jarang sekali ibu yang diperiksa HbNya, thanx. Di samping jangka waktu kehamilan, berat lahir bayi ditentukan oleh beberapa faktor yang pada umumnya berkaitan dengan kesehatan ibu dan kesehatan saat kehamilan.

1. Status gizi ibu bayi sebelum hamil. Status gizi seorang calon ibu bayi memenentukan asupan yang diperoleh bayi. Berat badan lebih ataupun kurang dari berat badan rata-rata untuk umur tertentu, merupakan faktor menentukan jumlah zat makanan yang harus dicukupi selama hamil.

Di negara maju pertambahan berat badan selama hamil sekitar kg. Kalau ibu kekurangan gizi, pertambahannya hanya sekitar kg dengan akibat melahirkan bayi BBLR.

Hubungan Status Gizi Ibu Hamil dengan Kejadian Bayi Lahir Mati

(Paath,dkk Author: Gisajel. dengan desain retrospektif ini bertujuan mengetahui hubungan antara status gizi ibu hamil vegetarian (indeks masa tubuh/IMT prahamil dan kenaikan berat badan hamil) dengan berat lahir bayi pada.

Hubungan status gizi ibu hamil dengan berat badan bayi lahir
Rated 0/5 based on 41 review