Jurnal berat badan pedet lepas sapih

Pemeliharaan pejantan secara intensif, satu pejantan dapat mengawini sebanyak ekor betina. Temu kunci mengandung minyak atsiri borneol, kamfer, sineol, ethil-alkoholpati, saponin dan favonoid Anonimus, a. Perlakuan ini sesuai dengan pendapat Syarief dan Sumoprastowo Rekording penimbangan Recording penimbangan merupakan kegiatan pencatatan yang berisikan no ternak, bobot badan awal dan akhir setiap ternak, pertambahan bobot badan.

Agar lebih ekonomis, kadar protein pada bahan konsentratnya dapat lebih rendah dari pakan pedet sehingga biayanya lebih murah. Dan jangan lupa beri colostrum secepatnya paling lambat 30 menit setelah lahir Imron, Kemampuan alat pencernaan pedet untuk menyerap antibodi dari kolostrum hanya berlangusng beberapa jam.

Untuk mempersiapkan induk yang akan melahirkan kembali dalam kondisi tubuh induk yang kuat, sehat, dan produksi susu lebih tinggi, maka peternak harus memberikan kesempatan kepada induk untuk beristirahat, yakni induk bunting tadi dihentikan pemerahannya.

Tabel Komposisi Pkan Untuk Indonesi. Komposisi Kolostrum: Diare Mencret Penyakit yang sering ditemui pada pedet adalah diare. Ada sumber air atau sumur b. Over feeding akan memperlambat penyapihan dan akan mengurangi konsumsi bahan kering dan akan mengakibatkan diare.

Setelah disapih, pedet akan mampu memanfaatkan protein vegetal dan setelah penyapihan perkembangan alat pencernaan sangat cepat. Menurut Kidder et. Kolostrum buatan ini diberikan pada pedet selama 4 hari.

Cara Merawat Pedet (Anak Sapi) Setelah Disapih sampai Umur 12 Bulan

Warna dan kekentalannya menunjukan kualitasnya kental dan lebih kekuning-kuningan akan lebih baik, karena kaya akan imonoglobulin. Kebersihan Kandang sapi perang harus selalu kering dang higienis agar kesehatan sapi-sapi nan dipelihara tetap terjamin.

Kampung padalengsar Bunikasih Kecamatan Warungkondang seluas Sapi jantan berasal dari luar wilayah pelayanan pejantan alami 2. Model kandang kelompok untuk ternak betina bertujuan karena system perkawinan di Loka Penelitian Sapi Potong dengan cara perkawianan alami secara kelompok dimana betina sekitar 20 ekor dan ternak pejantan 1 ekor.

Suatu cincin baja yang dipanaskan dengan listrik ditekankan pada dasar tanduk sehingga membakar jaringan disekitarnya dan menahan pertumbuhan tanduk. Selain itu pedet dapat mulai mengenal pakan yang dikonsumsi induk yang kelak akan menjadi pakan hariannya pedet tersebut setelah lepas sapih.

Anak sapi yang sakit harus disingkirkan atau dipisahkan dari anak sapi yang lainnya untuk mencegah kemungkinan terjadinya penularan penyakit. Model kandang kelompok untuk pedet bertujuan untuk memisahkan pedet dari induknya setelah lepas sapih.

Di musim hujan sapi dikandangkan dan pakan diberikan menurut jatah. Pedet sapi perah umumnya sudah mulai disapih pada umur 3 bulan.

Managemen Pakan Sapi Perah

Kesehatan Gangguan dan penyakit dapat mengenai ternak sehingga untuk membatasi kerugian ekonomi diperlukan control untuk menjaga kesehatan sapi menjadi sangat penting.

Penyimpanan bahan pakan di Loka Penelitian Sapi Potong berupa dedak dan konsentrat disimpan dalam gudang penyimpanan yang berada disekitar kandang. Namun kadang-kadang pemberian milk replacer mengakibatkan sapi lambat dewasa kelamin dan sering mengakibatkan pedet kegemukan.

· Sementara Mulik, () Pemberian pakan suplemen 2% dari berat badan Pola Pertumbuhan Pedet Sapi Bali Lepas Sapih () Strategi Pemberian Pakan Tambahan Untuk Memperbaiki Efisiensi Reproduksi Induk Sapi.

Jurnal. Pertambahan berat badan harian lepas sapih pada penyapihan 60 hari lebih tinggi (Pberat badan Author: B. Maryadi, Hartoko, A. Adnan, S.

Adjisoedarmo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pertambahan berat badan Penelitian ini menggunakan 16 ekor kambing PE betina lepas-sapih dengan berat badan rata-rata 13,16 ± 1, kg.

rancangan penelitian yang. Jurnal Ilmu Ternak dan Tanaman PERTUMBUHAN PEDET SAPI BALI LEPAS SAPIH YANG DIBERI dalam respon pertambahan bobot badan harian pedet sapi Bali lepas sapih yang di suplementasi turi.

· Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Hayati mempengaruhi-baiknya-pakan-untuk-pertambahan-berat-badan-unggas Pertambahan Ukuran Bobot Badan Pedet Sapi FH Lepas Sapih Yang Diberi Ransum Bersuplemen. Institut Pertanian. Download JURNAL ILMU TERNAK, JUNI Dari table di atas rata-rata berat badan pedet jantan lebih berat dibandingkan rata Gambar 1.

kurva pertumbuhan berat badan sapi Madura pra sapih pada musim hujan B E R A T.

Jurnal berat badan pedet lepas sapih
Rated 4/5 based on 22 review